Diberdayakan oleh Blogger.

Cek Bilangan Prima pada JavaScript

Bilangan Prima Pada JavaScript

Bilangan prima adalah bilangan yang hanya habis (sisa 0) jika dibagi 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh bilangan prima adalah 2, 3, 5, 7,11,13 dan lain-lain.


Bagaimana mengecek suatu bilangan, apakah itu bilangan prima atau bukan dengan javascript?


Sebenarnya saya kurang paham, dan masih sangat awam dengan javascript. Saya tidak tahu apakah ada fungsi khusus untuk mengecek bilangan apakah itu prima atau bukan. Dulu saya pernah mencoba menulis script untuk konversi bilangan desimal ke biner, octal, hexadesimal dan sebaliknya. Script yang saya buat sangat panjang sekali, tetapi setelah saya membaca lagi tutorial-tutorial tentang javascript, saya baru tahu, ternyata ada fungsi khusus untuk konversi bilangan.


Dan sekali lagi, saya juga belum tahu, apakah ada fungsi khusus untuk mengecek bilangan, apakah bilangan prima atau bukan.

Mungkin seperti ini algoritmanya.


Kita memasukkan bilangan yang akan dicek.


Setelah itu, dengan perulangan, bilangan itu dibagi dengan 2 sampai dengan bilangan itu sendiri setelah dikurangi satu.


Apabila sisanya (modulus) sama dengan 0, berarti
bilangan itu bukan bilangan prima (prima=false) dan program menghentikan perulangan. Langsung selesai.


Jika sampai perulangan selesai hasil bagi tidak ada yang sama dengan 0, berarti bilangan tersebut bilangan prima. Selesai.

Berikut ini script yang saya buat.


<html>

<head>

<script language=javascript >

function cek() {

var bil=form.bil.value;



for (i=2;i<bil;i++){

if (bil%i==0) {

prima=0;break;

}

else {

prima=1;

}

}



if (prima) {

alert('bilangan prima');

}

else {

alert('bukan bilangan prima');

}

}

</script></head>

<body>

<form name=form>

Masukkan bilangan : <input name=bil type=text >
<br>

<input type=button onclick="cek()" value=cek>

</form>

</body>


</html>
Dan untuk menampilkan bilangan prima dari jangkauan tertentu. Kira-kira scriptnya seperti ini.



<script language=javascript >

function tampil() {



for (i=5;i<=50;i++) {

for (j=2;j<i;j++) {

if (i%j==0) {

prima=0;

break;

}

else {

prima=1;

}

}

if (prima) document.write(i+'<br>');

}

}

tampil()

</script>

Apabila script diatas dijalankan, akan tampil bilangan prima antara 5 sampai 50.Demikian tulisan singkat yang saya buat. Apabila ada kesalahan, sebagai newbie, saya minta maaf dan mohon koreksinya.
Terima kasih.

Bilangan Prima Pada JavaScript




Anda baru saja membaca artikel yang berkategori JavaScript dengan judul Cek Bilangan Prima pada JavaScript. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://agathok.blogspot.com/2013/04/cek-bilangan-prima-pada-javascript.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Senin, 22 April 2013

Belum ada komentar untuk "Cek Bilangan Prima pada JavaScript"

Posting Komentar